4/16/2010

Tips Membuat Tidur Nyenyak

Tips sederhana ini buat anda yang sering bermasalah dengan tidur. Beberapa orang dari anda mungkin sering mengalami peristiwa belum bisa tidur tepat pada waktunya, atau sering terbangun akibat kaget dan bisa jadi bermimpi akan hal-hal yang buruk, berdampak mempengaruhi kualitas tidur kita.

Tidur nyenyak mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kita. Sel-sel tubuh kita sangat membutuhkan istirahat agar dapat berfungsi optimal. Jadi hentikan kejadian itu menimpa anda melalui tips sederhana membuat tidur nyenyak.

1. Makan Malam Secukupnya
Atur pola makan anda, utamanya makan malam. Usahakan makan malam sekitar pukul 17.00-18.00, agar menghindari tidur dengan keadaan perut penuh.

2. Kurangi atau hindari kegiatan yang menguras energi
Ada beberapa orang di luar sana masih bekerja pada malam hari, sehingga membuat energi menjadi terkuras saat akan tidur. Jadi sebaiknya anda tidak berada pada keadaan tersebut. Jika tidak dapat dihindari, solusinya manajemen waktu anda dan jangan melakukan hal yang memaksakan untuk berpikir atau bergerak.

3. Bersihkan Diri Anda Sebelum Tidur
Seperti biasanya, membersihkan diri sebelum tidur. Menyikat gigi, membersihkan wajah, serta membersihkan hal yang menurut anda kotor. Sebaiknya menggunakan air hangat.

4. Minum Air Putih
Konsumsi air putih sebaiknya dilakukan sesering mungkin karena membantu sistem pencernaan dan mencegah dehidrasi (kekurangan ion tubuh). Sebaiknya meminum air hangat.

5. Mengisi Buku Harian dan Membaca Buku
Sebelum tidur, curahkan semua isi pikiran anda ke dalam buku harian, agar mengurangi bebang pikiran anda. Jika hobi dengan membaca, silahkan baca buku kesenangan anda yang tidak menguras pikiran. Sebaiknya buku yang member inspirasi.

6. Rileks Saat Berbaring
Ketika posisi sudah berbaring, rasakan dan buat rileks anggota tubuh anda, jika ada keegangan focus rileks ada daerah tersebut. Kemudian atur pernapasan saat berbaring, karena pada saat itu aktifitas metabolisme berjalan lambat, hampir sama ketika kita tidur nyenyak.

Bagi orang beragama, berdoa sebelum tidur menjadi rutinitasnya. Sebaiknya memang melakukan itu. Selanjutnya perlu diingat setelah terbangun dari tidur lanjut melakukan relaksasi tubuh dan konsumsi air putih secukupnya.

Semoga 6 tips sederhana ini bermanfaat membuat anda meraih tidur nyenyak.

1 comments:

Akcesoria Rowerowe mengatakan...

menarik..
makasih banyak
salam kenal

Posting Komentar

>>> Silahkan Beri Komentar Setelah Membaca Artikel Ini. Terima Kasih telah Berkunjung..Sukses Untuk Semua >>>

 
 
Copyright © Green Blue Phinisi
Theme by BloggerThemes